Desa Wisata Wae Lolos





Gervinus Toni(KADES WAE LOLOS)

Desa Wae Lolos terletak di Kecamatan Sano Nggoang, Manggarai Barat- Nusa Tenggara Timur. 32 KM dari Labuan Bajo juga menjadi desa penyangga kawasan super premium. Desa ini adalah salah satu wilayah hutan lindung dengan keanekaragaman hayati, banyak tanaman dan hewan endemik.

Sebelum tahun 60, banyak peneliti asing dari Belanda dan Eropa meneliti kandungan mineral apa yang berada di desa ini.
Baik di pegunungan maupun di dataran rendah persawahan, Hal itu sama sekali tidak membuat masyarakat adat mereka terpukau, malah menguatkan warisan leluhur untuk dijaga dan dilestarikan. 



Masyarakat Wae Lolos dikenal dengan keberaniannya dalam menjaga alam. Wibawa mereka terpancar dengan hasil bumi yang melimpah;kemiri, cengkeh, vanili, nanas, durian dan rambutan. Semua sudah diwariskan semenjak leluhur menempati desa Wae Lolos. 

Gambaran alam adalah gambaran manusianya, berbagai macam pangan lokal dari hutan banyak diolah. Kerajinan tangan seperti tembikar, topi re'a (topi adat), tenun dan berbagai macam kerajinan lainnya lengkap berada di desa ini. Seni pertunjukan caci, landu (nyanyian tradisional), ritual adat tetap terjaga baik orang tua dan orang muda. 


Tahun 2018 semua potensi alam mulai dibuka satu persatu oleh Kepala Desa Gervinus Toni, orang muda putra daerah yang merakyat dan peduli akan desanya.
Dari Air Terjun sampai Air Panas Bumi (geyser) yang sempat dikunjungi oleh Kepala Kementrian Desa, Bpk. Halim Iskandar untuk meresmikan Wae Kolang Lua. 

Sampai hari ini branding "Wae Lolos Mempesona" dengan 1000 air terjun dan air panas masih didampingi hingga menjadi Desa Wisata Mandiri.
Cunca Ri'i




Infosatu 
Writer - Abim Gondrong
Editor - M²J

post your comment

Previous Post Next Post